Dampak Covid-19, Pemerintah Desa Mojo Menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Kepada Mayarakat Desa Mojo

Hadirnya pandemi COVID-19 telah membawa perubahan terhadap dunia dengan berbagai tantangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Dampak dari pandemi COVID-19 masih terus dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat selama tahun 2021. Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah untuk menghambat penyebaran virus COVID-19 justru menjadikan hambatan dalam pertumbuhan kesejahteraan sosial dan perekonomian masyarakat. Dampak dari COVID-19 ini dirasakan oleh semua masyarakat termasuk juga masyarakat Desa Mojo. Tak sedikit juga warga masyarakat Desa Mojo yang kehilangan pekerjaan dimasa pandemi COVID-19. Dalam menghadapi krisis ekonomi  dimasa pandemi COVID-19 ini pemerintah Desa Mojo melaksanakan program Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa. Sebesar 40% dari dana desa disalurkan ke masyarakat melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini.

Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini dilaksanakan selama setahun dan disalurkan setiap satu bulan sekali. Pada, Senin (13/09/21) merupakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang kesembilan. Program ini dilaksanakan di Balai Desa Mojo pada pukul 08.00-selesai. Adapun warga Desa Mojo yang mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) berjumlah 142 orang dan setiap orang mendapatkan bantuan sebesar Rp.300.000,00, dengan metode penyaluran secara tunai. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dilaksaksanakan oleh prangkat Desa Mojo yang dipimpin oleh Muhlisin.

“Program Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan bentuk pemerataan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, seperti PKH, BST dan Sembako. Adapun masyarakat yang mendapat bantuan merupakan hasil dari musyawarah perdusun dengan memprioritas masyarakat yang benar-benar layak diberi bantuan.”, Tutur Muhlisin.

Adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dilakukan oleh Pemerintah Desa diharapkan agar masyarakat Desa Mojo bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya serta dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

(Tim Penyususn: KKN-IK IAIN Kudus, Ahmad Ridwan, Ahmad Selamet Widodo, Lathifatul Ismi)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan